Translate

Sabtu, 06 Juli 2013

STUDI KASUS PEMANASAN GLOBAL

PENGERTIAN

Pemanasan Global atau global warming adalah suatu proses meningkatya suhu rata-rata atsmofer, laut dan dataran bumi.
Suhu rata-rata  pada permukaan bumi meningkat 0.74 ± 0.18°C (1.33 ± 0.32°F) selama seratus tahun terakhir , sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad 20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusi a. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun  tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.

Akibat pemanasan global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya insensitas cuaca ekstrem berdampak terpengaruhnya hasil pertanian , hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
















STUDI KASUS 1
GLOBAL WARMING SEBABKAN 2 JUTA TON ES MENCAIR


Menurut data satellite NASA yang baru, menunjukkan bahwa terdapat tanda terbaru apa yang disebut oleh ilmuwan dengan ‘global warming’. Data satellite NASA menunjukkan lebih dari 2 juta ton daratan es di Greenland, Antartica, dan Alaska telah mencair sejak tahun 2003. Berdasarkan pengamatan satellite Grace NASA mengenai bobot es kerugian yang terjadi di Greenland adalah lebih dari setengah daratan yang terkurung es dalam lima tahun terakhir telah mencair. Air dari bekas es yang mencair di Greenland dalam lima tahun terakhir akan semakin meningkat kira-kira akan memenuhi 11 Chesapeake Bays. Es yang mencair tidak seperti laut es, namun lebih ke penambahan kuantitas air secara bertahap.  antara Greenland, Antartica dan Alaska, pencairan es telah meningkat sekitar 15 inch dalam lima tahun terakhir. Level ketingian air laut juga semakin meningkat seiring dengan pemanasan global.

2 komentar: