Translate

Sabtu, 05 Januari 2013

sampah awal tahun


Sudah menjadi rutinitas setiap malam pergantian tahun seluruh masyarakat Indonesia merayakanya dengan berkumpul di suatu tempat yang menjadi pusat keramaian. Sudah pasti tempat itu akan menjadi tempat berkumpulnya banyak orang untuk menikmati malam pergantian tahun.Dapat di bayangkan berapa m3 sampah yang akan di tinggal setelah acara tahunan itu selesai. Pada malam Tahun Baru 2012, volume sampah di Jakarta diprediksi meningkat 15 persen. Jika pada hari biasa, volume sampah di Jakarta hanya 6.300 ton per hari, maka pada malam Tahun Baru nanti volume sampah diperkirakan mencapai 7.245 ton.
Berdasarkan pengalaman, biasanya usai perayaaan Tahun Baru, sampah menumpuk di pusat-pusat keramaian seperti kawasan Monas, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan. Selain itu juga di jalan-jalan protokol dan taman kota, seperti Tugu Tani, sepanjang Thamrin-Sudirman, Kebon Sirih, Jalan Gunung Sahari, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, serta pusat konsentrasi massa lainnya.
Menurut Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Iskandar Manik, bahwa untuk menangani itu semua  dari 700 armada truk yang kita miliki, 400 diantaranya akan beroperasi dalam dua rit antara Jakarta-Bantar Gebang untuk mengangkut sampah yang volumenya meningkat,  paparnya.Untuk penanganan sampah pada malam pergantian tahun di Jakarta pihak Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan 5.000 petugas di seluruh wilayah ibukota.
Sebetulnya target untuk penyelesaian sampah malam pergantian tahun adalah pukul 06.00 WIB semua sampah sudah harus dibersihkan dan terangkut, kata Iskandar. Namun petugas kebersihan kerap mendapatkan kendala karena warga yang berkumpul di sepanjang jalan dan fasilitas umum kota, baru pulang ke rumah masing-masing pada pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB.
Bila masih ada kerumunan atau acara, petugas kami agak kesulitan untuk melakukan pembersihan. Sebagai upaya menghadapi masalah itu, petugas akan mulai membersihkan walaupun ada kerumuman, di sela-sela acara terus kita bersihkan, paparnya.
Pihak Dinas Kebersihan DKI menargetkan paling lambat pada pukul 08.00 WIB semua sampah perayaan malam pergantian tahun di Jakarta sudah dapat terangkut sehingga jalanan dan tempat umum di wilayah ibukota bersih.
Sementara itu untuk peringatan malam pergantian tahun yang akan dilangsungkan di Monumen Nasional, Iskandar mengatakan akan dikerahkan 500 petugas kebersihan.
Petugas itu akan dibagi dalam lima zone pengamanan kebersihan, 500 petugas itu masing-masing 100 orang berasal dari suku dinas kebersihan di lima wilayah kota Jakarta, tegasnya.
Sudah di pastikan hanya dalam beberapa jam saja Jakarta sudah mampu memproduksi sampah dengan jumlah yang relatife besar.Hal seperti ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunya dimana dinas kebersihan harus mengerahkan semua personelnya untuk menetralisir sampah yang ada.Kesadaran dari masyarakatlah yang perlu ditingkatkan agar selalu membuang sampah pada tempatnya agar mempermudah pekerjaan dari dinas kebersihan.

Sumber
http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=47815
http://www.pelita.or.id/baca.php?id=42075
Sumber Gambar:
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=481052575

Tidak ada komentar:

Posting Komentar